Peluang
Usaha Bagi Mahasiswa Teknik Informatika - Saat ini teknologi informasi
berkembang dengan cepat, banyak kampus yang membuka jurusan teknik informatika
untuk memenhi kebutuhan masyarakat akan dunia informatika. Sehingga tidak heran
kalau jurusan teknik informatika banyak diminati pelajar yang baru lulus dari
SMA, karena memang peluang usahanya cukup besar dan menggiurkan.
Sebagai
mahasiswa teknik informatika, ada banyak peluang usaha selain berkerja di
perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Apalagi jurusan informatika
sebenarnya tidak membutuhkan gelar apapun untuk bekerja, yang terpenting adalah
kemampuannya. Bahkan mahasiswa teknik informatika ini bisa memulai usaha sejak
duduk di bangku kuliah.
Oleh karena
itu, ditemukanlah beberapa pertanyaan yaitu :
1.
Bagaimana mencari informasi peluang usaha di bidang
TI?
2.
Apa saja tahapan pengembangan usaha?
o Mengetahui
Kemampuan dan Kepribadian Diri
Mengetahui
kemampuan dan kepribadian diri adalah tolak ukur pertama sebagai seorang
enterpreneur. Karena seseorang harus mengetahui passionnya sendiri, apakah di
bidang Software House? Konsultan IT? Distributor dari Produk IT? atau bisa juga
Training dan Pendidikan pada bidang IT. Apabila telah menemukan passion yang
tepat maka seorang enterpreneur dapat memfokuskan mempelajari atau menekuni
satu bidang tersebut agar dapat dikembangkan dalam membentuk bisnisnya.
o Peluang yang
Dihadapi
Seorang
enterpreneur harus mengetahui dan mempertimbangkan peluang yang dihadapi.
Apakah usaha/bisnis yang ia kelola akan berpeluang sukses. Hal ini berhubungan
dengan bisnis yang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan
konsumen, apakah cocok dengan lingkungan dimana bisnis tersebut akan
berkembang, dan juga bagaimana situasi persaingan pada bisnis yang akan
dikembangkan.
o
Kebutuhan/Keinginan Konsumen
Seorang
enterpreneur harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen jika ingin
bisnis yang dikembangkan berhasil atau sukses.
o
Memiliki Dana yang Dibutuhkan
Tentu saja
untuk memulai atau mengawali bisnis dibutuhkan modal atau dana. Modal atau dana
dapat digunakan untuk membeli bahan baku atau menambah sumber daya manusia dan
teknologi jika diperlukan kedepannya.
o
Lingkungan yang Dihadapi
Seorang
enterpreneur harus mengetahui lingkungan yang cocok untuk mengembangkan bisnis
karena akan berpengaruh terhadap persaingan bisnis dan keinginan dan kebutuhan
konsumen.
o
Situasi Persaingan
Seorang
enterpreneur harus dapat mempelajari situasi persaingan bisnis pada bidang yang
dikembangkan. Persaingan adalah hal yang biasa, namun tetap saja harus
mengetahui apakah bisnis yang dikembangkan nantinya akan berjalan dengan sukses
atau justru kalah dalam persaingan.
o
Dukungan dari Pemerintah
Usaha atau
bisnis yang dikembangkan harus mendapat dukungan dari pemerintah, karena jika
bertentangan dengan kebijakan pemerintah, bisnis yang didirikan akan sulit
bahkan tidak akan dapat berkembang.
- Tahap Persiapan Usaha
Memiliki dan
menjalankan usaha milik sendiri memerlukan kesiapan mental dan jasmani.
Pertimbangkanlah faktor kelebihan dan kekurangannya agar Anda merasa pasti
apakah menjadi wiraswasta cocok untuk Anda.
Gaya Hidup
Pro : Anda
adalah bos Anda sendiri. Anda tidak perlu lagi bertanggung jawab pada atasan
Anda atau siapa pun. Banyak orang bekerja lebih giat dan keras sejak menjalani
usaha sendiri.
Kontra :
Anda tidak lagi bisa mengharapkan jadwal tetap cuti tahunan, liburan atau
cuti-cuti lainnya karena Andalah yang menentukan kapan Anda bisa cuti. Itu
sebabnya penting sekali buat Anda untuk mencintai jenis usaha yang akan Anda
jalani karena Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda untuk
membesarkan usaha tersebut.
o Keuangan
Pro :
Berapapun keuntungan yang Anda hasilkan dari usaha Anda adalah keuntungan untuk
Anda pribadi. Anda menetapkan bonus untuk Anda sendiri.
Kontra :
Sebaliknya jika perusahaan tidak menghasilkan keuntungan maka pendapatan Anda
secara pribadi pun ikut menurun. Jika bentuk usaha Anda berupa perusahaan
perseorangan maka harta pribadi Anda pun ikut dipertaruhkan.
o Kelayakan/Kemampuan
Pro : Jika
Anda memiliki talenta atau keahlian khusus yang dapat memberikan nilai lebih
pada produk/jasa yang Anda pasarkan Anda dapat menerapkannya segera tanpa harus
melalui proses persetujuan siapa pun.
Kontra :
Keberhasilan usaha Anda sangat tergantung pada apakah konsumen/pasar menyukai
produk/jasa yang Anda tawarkan. Sebesar apa pun keahlian Anda jika produk/jasa
Anda tidak menarik buat konsumen tidak akan ada gunanya.
o Fleksibilitas
Pro :
Sebagai pemilik usaha Anda memiliki keleluasaan untuk menetapkan peraturan
perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan.
Kontra :
Sebagai pemilik usaha Anda bertanggung jawab langsung atas kepuasan
pelanggan/konsumen Anda. Kepuasan konsumen harus menjadi ujung tombak strategi
pemasaran Anda karena bos Anda adalah konsumen Anda.
- Tahap Memulai Usaha
Memulai
suatu usaha sebagai seorang pengusaha atau wiraswasta adalah hal yang sangat
menarik dan cukup menantang. Jika Anda sudah bulat memutuskan jenis usaha yang
akan Anda geluti maka tiba saatnya bagi Anda untuk mempersiapkannya tahap demi
tahap.
Usaha yang
berhasil berawal dari perencanaan yang baik. Jadi sebelum Anda menginvestasikan
waktu dan uang Anda, pastikan setiap rencana dan sistem operasional yang
dibutuhkan sudah siap. Dengan kata lain pastikan dulu berapa kedalaman kolam
yang akan Anda arungi sebelum Anda terjun ke dalamnya!
Hal-hal yang
perlu dipersiapkan adalah:
o Rencana
Usaha
Rencana
Usaha atau Business Plan adalah dokumen yang menjelaskan secara rinci usaha
yang akan Anda jalankan: tujuan, strategi, sasaran pasar, proyeksi keuangan.
o Rencana
Pemasaran
Perencanaan
pemasaran atau ‘marketing plan’ adalah salah satu dokumen penting yang harus
dipersiapkan oleh pemilik atau pengelola usaha, yang merinci kegiatan-kegiatan
pemsaran dan promosi yang diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran secara
khusus dan tujuan perusahaan secara umum.
o Asuransi
sebagai
pemilik usaha, peranan asuransi cukup penting untuk melindungi usaha Anda dari
hal-hal yang tidak diinginkan seperti tuntutan hukum, pencurian, bencana alam,
kecelakaan pegawai dan lain-lain.
o Kekayaan
Intelektual
Kekayaan Intelektual
atau intellectual property adalah pengakuan hukum yang memberikan pemegang hak
(atas) kekayaan intelektual (H[A]KI) untuk mengatur penggunaan gagasan-gagasan
dan ekspresi yang diciptakannya untuk jangka waktu tertentu.
o Tempat Usaha
& Lokasi
Keputusan
untuk menyewa tempat untuk kantor atau kegiatan usaha tidak mudah sama rumitnya
dengan membeli. Karena keputusan yang salah dapat menimbulkan kerugian moril
dan materil di kemudian hari. Sebaliknya keputusan yang tepat dapat menghantar
usaha Anda menuju sukses.
o Membeli
Usaha
Membeli
usaha yang sudah berjalan kadang lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda
memulai sesuatu yang baru dari awal. Apalagi jika usaha yang Anda beli sudah
memiliki pelanggan tetap, produknya dominan di pasar, dan berjalan dengan baik
dan menguntungkan.
o Membeli
Waralaba
Memilih
waralaba sebagai cara kita memulai bisnis sering dianggap lebih mudah daripada
memulai usaha yang sama sekali baru. Tapi benarkah waralaba mampu membuat kita
menjadi pebisnis handal? Waralaba seperti apakah yang akan membawa kita pada
kesuksesan ?
o Pajak
Pajak
berfungsi sebagai sumber dana pemerintah dalam membiayai
pengeluaran-pengeluarannya, dan merupakan alat mengatur dan melaksanakan
kebijaksanaan pemerintah dalam bidang sosial ekonomi.
- Tahap Mengelola Usaha
Ada banyak
cara mengelola usaha agar usaha Anda bisa berfungsi secara efektif dan efisien.
Cara yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda. Cara pengelolaan
yang terbaik adalah cara yang sesuai dengan tujuan usaha Anda, jenis
produk/jasa Anda dan sistem operasi usaha Anda.
Jika Anda
bingung tidak tahu harus mulai dari mana maka hal-hal di bawah ini dapat Anda
jadikan sebagai pedoman umum dalam mengelola dan menjalankan usaha Anda:
o Manajemen
Keuangan
Walaupun
membosankan dan cukup memusingkan, pembukuan, sistem akuntansi, manajemen
rekod, pajak, penagihan, asuransi, penyusunan anggaran adalah hal-hak utama
yang harus Anda lakukan jika Anda ingin usaha Anda berjalan lancar. Serahkanlah
tugas ini pada ahlinya jika Anda tidak mampu menanganinya.
o Manajemen
Hukum
Pastikanlah
semua kegiatan usaha Anda sah dan terlindungi secara hukum mulai dari
perijinan, kontrak kerja, kontrak dengan pemasok dan karyawan, hak cipta, atau
merek dagang.
o Manajemen
Umum
Perencanaan,
pengelolaan, penetapan sumber daya manusia, pengarahan hingga pengawasan adalah
aktifitas manajemen yang harus diterapkan setiap hari agar kegiatan perusahaan
berjalan lancar. Bidang iniumumnya dilakukan oleh pimpinan.
o Pemasaran
Pemasaran
artinya menyalurkan pesan ke pasar agar konsumen mengetahu dan tertarik untuk
memebli produk/jasa yang ditawarkan. 4 (empat) unsur tradisional yang membentuk
pemasaran adalah produk, harga, promosi dan distribusi/lokasi. Setiap unsur
tersebut harus dikoordinasikan dengan baik agar tampil sempurna di mata
konsumen lewat iklan, paket penjualan, dan kegiatan promosi lainnya.
o Produksi
Apapun
jenisnya, Anda menghasilkan suatu produk atau jasa yang harus dijual ke pasar.
Artinya Anda harus selalu memastikan proses produksi berjalan lancar agar mampu
menghasilkan produk/jasa yang berkualitas kapan dan dimana pun dibutuhkan.
Banyak hal-hal yang mempengaruhi untuk mencapai proses produksi yang efektif
dan efisien seperti teknologi, sistem operasi, sumber daya manusia dan lain-lain.
o Manajemen
Kantor
Usaha Anda
tentunya memerlukan tempat dimana Anda bisa memproduksi produk/jasa, mesin dan
peralatan yang diperlukan. Memastikan setiap ruang, furniture, dan peralatan
lainnya tertata dengan baik agar usaha Anda berjalan teratur juga memerlukan
perencanaan yang baik. Beberapa unit usaha menugaskan seseorang yang tugasnya
mengelola kebutuhan kantor sehari-hari.
- Tahap Membangun Usaha
Perkembangan
usaha bisa terjadi dalam berbagai bentuk:
· #
relokasi tempat usaha dari bisnis rumahan ke
perkantoran,
· #
membuka cabang-cabang baru,
· #
melebarkan wilayah pemasaran ke luar kota, atau luar
propinsi,
·
#merambah pasar internasional (ekspor),
· #
mendatangkan produk-produk dari luar negeri (impor),
· #
melakukan inovasi dengan menciptakan produk-produk
baru untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar baru,
· #
menjual usaha Anda ke pihak lain dalam bentuk
waralaba.
· #
Membesarkan atau mengembangkan perusahaan membutuhkan
pendekatan yang hampir sama dalam hal perencanaan dan persiapan ketika Anda
memulai bisnis. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang maka pengembangan
usaha Anda tidak akan memiliki hambatan-hambatan yang berarti.
3. Bagaimana perkembangan bisnis teknologi dunia?
Tahun 2016 bulan
September namun sudah banyak manuver manuver yang dilakukan para pelaku bisnis
di dunia teknologi informasi, berbagai terobosan dan inovasi bermunculan saling
sahut menyahut berusaha untuk menarik minat konsumen maupun untuk meningkatkan
kinerja masing masing. Para pelaku bisnis saling berlomba dengan menggunakan
teknologi informasi sebagai salah satu porosnya.
Abad modern ini
penggunaan teknologi informasi sudah tidak dapat dipisahkan lagi keberadaannya
dari dunia bisnis industri. TI (teknologi informasi) bagaikan sudah menjadi
pembuluh dalam arus peredaran dunia bisnis industri. Pemakaiannya merupakan hal
yang sangat vital diperlukan jika para pelaku bisnis ingin tetap bersaing dan
bertahan hidup dalam rimba industri.
Perkembangan TI dan SI
sekarang ini telah melahirkan aktivitas bisnis yang menurut saya menarik, hal
itu saya bagi secara garis besar menjadi 2 aspek :
1. Aplikasi dan Aset
Sebelum saya bahas lebih lanjut,
saya akan berikan beberapa contoh fenomena yang menarik untuk diperhatikan ,
seperti :
1.) Uber, perusahaan taksi, tapi
tidak memiliki mobil
2.) Foodpanda, perusahaan makanan,
tapi tidak menggunakan dapur
3.) OLX, situs jual beli, tidak
mempunyai barang untuk dijual
4.) Traveloka, sebuah perusahaan
akomodasi, tetapi tidak memiliki hotel
Kesamaan dari contoh contoh diatas
adalah pemberdayaan konsumen melalui aplikasi dalam perangkat cerdas mereka.
Industri apapun skalanya tidak dapat hanya mengandalkan aset mereka, melainkan
harus senantiasa dapat beradaptasi terhadap dunia dan menciptakan inovasi
sembari terus menerus melahirkan kembali jati diri agar senantiasa menjadi yang
terdepan.
2.
Technopreneur
Fenomena perkembangan bisnis dalam
bidang teknologi informasi diawali dari ide-ide kreatif di beberapa pusat riset
yang mampu dikembangkan sehingga memiliki nilai jual di pasaran. Penggagas ide
dan kreator produk dalam bidang teknologi ini sering disebut dengan nama
Technopreneur.
Technopreneur merupakan
penggabungan dari dua kata yaitu teknologi dan entrepeneur. Yang artinya,
technopreneur mengandung makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi
yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Karena
untuk entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang/badan usaha yang
mengelola usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai keuntungan
dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada dan teknologi di
masa sekarang merupakan salah satu peluang yang tersedia.
Media online TechinAsia di
tahun 2015 pernah menulis artikel mengenai 10 technopreneur dibawah 30 tahun
yang paling berpengaruh di Asia Tenggara, dan 3 orang indonesia berada di
daftar tersebur mereka adalah, Ferry Unardi (co-founder dan CEO Traveloka),
Achmad Zaky (founder dan CEO Bukalapak) dan Jason Lamuda (CEO Berrybenka).
Mereka semua adalah para pengusaha yang sukses dengan industri bisnis baru
berbasis internet.
Refrensi :
- https://shaktidarikhwan.wordpress.com/2016/09/26/peluang-usaha-di-bidang-teknologi-informatika/
- http://ideusahane.blogspot.co.id/2015/03/peluang-usaha-bagi-mahasiswa-teknik.html
- http://entrepreneurshiplearningcenter.blogspot.co.id/2013/06/tahapan-mengembangkan-usaha-kecil-dan.html
- http://blizzardtomi.blogspot.co.id/2016/09/tahun-2016-bulan-september-namun-sudah.html
Wooow....
BalasHapus